Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Budaya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia beraneka ragam dalam bentuk benda maupun nonbenda, dengan banyaknya budaya dimilikioleh bangsa ini diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk perencanaan usaha kerajinan non benda. Peserta didik diharapkan akan mampu memberi inspirasi melalui kemampuan yang mereka miliki untuk mengembangkan budaya lokal dimana mereka tinggal. Diharapkan dari inspirasi ini akan menambah variasi keaneka ragaman budaya yang dimiliki budaya lokal dimana peserta didik tinggal. Mari disimak materi pada pertemuan ini tentang perencanaan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.
Istilah
- Abstrak : Tidak berwujud; tidak berbentuk.
- Budaya : Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah.
- Estetika : Cabang filsafat yang menelaah dan membahas tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya.
- Etnik : Bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya.
- Festival : Hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah.
- Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; citacita.
- Investor : Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
- Peluang : Berhenti atau senggang (tentang angin, pekerjaan, dan sebagainya)
- Ritual : Berkenaan dengan pemujaan
- Tradisi : Adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat;
A. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi Komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
- Menyusun langkah-langkah perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
B. Uraian Materi
Pengertian Komponen Perencanaan
Baca Juga
Deskripsi Bisnis
Strategi pemasaran dalam perencanaan usaha
1. Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha
2. Desain pngembangan
3. Rencana Operasional dan Manajemen
4. Rencana Pembiayaan
C. Rangkuman
- Deskripsi Bisnis usaha
- Strategi Pemasaran Dalam Perencanaan Usaha
- Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha
- Desain Pengembangan
- Rencana Operasional dan ManajemenTop of Form
- Rencana Pembiayaan
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Jelaskan yang dimaksud dengan desain bisnis ?
- Apakah yang dimaksud dengan starategi usaha ?
- Tuliskan alsan sebuah strategi dibutuhkan dalamsebuah usaha ?
- Tuliskan kegiatan produksi yang masuk dalam daftar perencanaan biaya ?
- Tuliskan macam – macam laporan keuangan yang dibuat perusahaan untuk penilaian keberhasilan sebuah usaha ?
Baca Juga
Kunci Jawaban dan Pembahasan
- Perencanaan usaha yang bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai bidang usaha yang akan dijalankan beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan.
- Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar.
- Berikut adalah lima alasan mengapa strategi diperlukan untuk usaha adalah:
- Perencanaan,Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis. Sementara rencana bisnis menetapkan tujuan dan sasaran, strategi memberi Kalian cara untuk memenuhi tujuan itu. Ini adalah rencana untuk mencapai tempat yang Kalian inginkan.
- Kekuatan Kelemahan, Kalian harus mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan Kalian yang sebenarnya sambil merumuskan strategi. Selain itu, ini juga membantu Kalian dalam memanfaatkan apa yang Kalian kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Kalian atau menghilangkannya.
- Efisiensi & Efektivitas, Ketika setiap langkah direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif secara otomatis.
- Keunggulan kompetitif, Strategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan bisnis dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif untuk memposisikan merek dengan cara yang benar. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di mata pelanggan.
- Kontrol, Secara bersamaan, strategi bisnis juga memutuskan rencana yang harus diikuti dan tujuan sementara yang harus dicapai. Tentunya ini akan membuat Kalian lebih mudah untuk mengontrol kegiatan dan melihat apakah semua berjalan sesuai rencana.
- Kegiatan produksi yang masuk dalam daftar perencanaan biaya
- Biaya produksi
- Biaya gaji karyawan
- Biaya ongkos kirim
- Biaya sewa gedung atau ruang
- Biaya listrik dan telpon
- Laporan keuangn yang dibuat perusahaan adalah :
- Laporan arus kas
- Laporan laba rugi perusahaan
- Laporan Neraca
- Laporan perubahan modal
F. Penilaian Diri
- ikan konsumsi air tawar
- contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
- perencanaan usaha budidaya ikan hias
- untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan usaha yang dijalankan dapat diketahui melalui
- berikan contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
- sebutkan komponen perencanaan usaha kerajinan
- cara untuk mengembangkan kerajinan yang terinspirasinbudaya local non benda adalah
- budidaya pembenihan ikan hias